Kemajuan teknologi dalam pendidikan memungkinkan penggunaan media digital untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu media yang dapat dimanfaatkan adalah video berbasis Canva dalam proses belajar-mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan media belajar-mengajar video berbasis Canva terhadap hasil belajar passing atas bolavoli pada murid kelas X di SMK Negeri 2 Kota Mojokerto pada Juni 2024. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan pendekatan kuantitatif jenis Randomized Control Group Pretest-Posttest, yang melibatkan dua kelas sebagai sampel: kelas eksperimen (X PS 1) yang menggunakan media Canva dan kelas kontrol (X PS 2) yang menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui tes pengetahuan dan tes keterampilan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan signifikan dalam hasil belajar, dengan rerata nilai pengetahuan naik dari 67,78 pada pre-test menjadi 90,56 pada post-test, dan nilai keterampilan naik dari 58,89 menjadi 68,33. Sebaliknya, kelas kontrol hanya mengalami kenaikan nilai pengetahuan dari 70,83 menjadi 83,89, sementara nilai keterampilan menurun dari 60,55 menjadi 54,72. Uji hipotesis dengan tes Wilcoxon menunjukkan bahwa media Canva berpengaruh positif terhadap hasil belajar dengan nilai Asymp. Sig (2-tailed) < 0,05, yang mengindikasikan penerimaan hipotesis alternatif (Ha) dan penolakan hipotesis nol (H0). Kesimpulannya, media belajar-mengajar berbasis Canva efektif dalam meningkatkan hasil belajar passing atas bolavoli, dengan kenaikan hasil belajar sebesar 22,88% pada kelas eksperimen.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025