Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 10 No. 1 (2025): Februari

Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran PBL dengan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas V/B SDN 7 Cakranegara Tahun Ajaran 2024/2025

Imami, Nawafila (Unknown)
Zain, Moh Irawan (Unknown)
Muslehudin, Muslehudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2025

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan mengkaji efektivitas penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan hasil belajar IPAS peserta didik kelas V/B SDN 7 Cakranegara pada materi Cahaya dan Sifatnya Subjek penelitian terdiri dari 26 peserta didik, dengan rincian 9 peserta didik perempuan dan 17 peserta didik laki-laki. Metode penelitian ini tindakan kelas (PTK) ini berbasis lesson study dengan berkolaborasi bersama guru pamong, mahasiswa PPG prajabatan, dan dosen pembimbing lapangan. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dimana setiap siklus mengikuti model lesson study yang terdiri dari 3 tahapan, yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan.  Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase hasil belajar peserta didik dari siklus I sebesar 61,5% menjadi 81% pada siklus II.  Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar IPAS peserta didik kelas V/B pada materi cahaya dan sifatnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...