Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 10 No. 1 (2025): Februari

Peran Guru Penggerak dalam Menumbuhkan Kebiasaan Gemar Membaca Melalui Kegiatan Literasi di Sekolah Dasar Negeri 110 Kota Jambi

Kurnia, Dewi (Unknown)
Evidawati, Evidawati (Unknown)
Saputra, Muhammad Deni (Unknown)
Sari, Putri Aprilia (Unknown)
Sabrina Wiyanpuri, Rahma (Unknown)
Destrinelli, Destrinelli (Unknown)
Sofwan, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2025

Abstract

Kemampuan literasi merupakan hak asasi setiap individu dan merupakan fondasi untuk belajar sepanjang hayat. Literasi adalah keterampilan dasar yang penting untuk perkembangan individu, dan pengenalan literasi sejak dini di sekolah dasar mencakup membaca, menulis, berpikir kritis, memahami informasi, serta berkomunikasi efektif. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran guru penggerak dalam menumbuhkan kebiasaan gemar membaca melalui kegiatan literasi, mendeskripsikan peran dan kendala yang dialami guru dalam menumbuhkan kebiasaan gemar membaca peserta didik dan mendeskripsikan solusi yang didapat guru dalam menumbuhkan kebiasaan gemar membaca pada peserta didik di SD Negeri 110 Kota Jambi. Penulis mengangkat judul ini karena banyak peserta didik di SD Negeri 110 Kota Jambi yang masih memiliki minat membaca yang rendah dan Penulis semangat serta antusias dalam melakukan kegiatan literasi untuk menumbuhkan kebiasaan gemar membaca dalam diri setiap peserta didik di Sekolah Dasar Negeri 110 Kota Jambi. Oleh karena itu kebiasaan gemar membaca peserta didik di SD Negeri 110 Kota Jambi perlu ditumbuhkan lagi. Metode penelitian ini yaitu kualitatif dengan desain fenomenologi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Peran guru dalam menumbuhkan kebiasaan gemar membaca melalui kegiatan literasi 2) Kendala yang dialami guru dalam menumbuhkan kebiasaan gemar membaca melalui kegiatan literasi, 3) Sedangkan solusi yang dilakukan guru penggerak dalam menumbuhkan kebiasaan gemar membaca melalui kegiatan literasi sehingga tercapainya tujuan untuk menanamkan kebiasaan literasi dalam kehidupan sehari-hari peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa peran guru penggerak sangat penting karena guru dapat menggunakan keterampilan yang dimiliki untuk menumbuhkan kebiasaan membaca melalui kegiatan literasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...