Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 10 No. 1 (2025): Februari

Analisis Penilaian Auntentik Pada Materi Gerak Manipulatif Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Siswa Kelas II MI Badrussalam

Galih (Unknown)
Alifi (Unknown)
Lariliyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya penilaian autentik dalam pembelajaran untuk meningkatkan motorik kasar siswa, khususnya pada materi gerak manipulatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan penilaian autentik pada materi gerak manipulatif untuk meningkatkan motorik kasar siswa kelas II di MI Badrussalam. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional study, melibatkan 40 siswa kelas II sebagai sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, dan analisis data menggunakan statistik deskriptif SPSS versi 26, termasuk uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan materi gerak manipulatif terhadap peningkatan motorik kasar siswa kelas II MI Badrussalam Surabaya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik kasar peserta didik yang diberikan perlakuan dengan menggunakan materi gerak manipulatif lebih baik, didukung oleh faktor eksternal berupa proses pendidikan yang dilakukan guru dengan menggunakan alat atau media pembelajaran yang relevan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...