Perkembangan teknologi digital telah membawa dampak yang signifikan pada dunia pendidikan, termasuk dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penggunaan media digital dalam pembelajaran memiliki potensi untuk meningkatkan efektivitas dan daya tarik bagi peserta didik, namun juga membawa tantangan tersendiri bagi pendidik. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media digital dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Gunung Sari, serta mengidentifikasi tantangan dan peluang yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, adapun pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Artikel ini menemukan bahwa penggunaan media digital dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat menciptakan konten pembelajaran yang lebih interaktif, memfasilitasi koneksi antara peserta didik dan pendidik, serta membantu pendidik mengembangkan materi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan minat peserta didik. Namun, terdapat beberapa tantangan yang perlu diperhatikan, seperti keterbatasan akses internet, pendanaan, dan keterampilan pemanfaatan teknologi oleh pendidik dan peserta didik. Artikel ini menyimpulkan bahwa pemanfaatan media digital dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah menengah memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, namun membutuhkan dukungan dan upaya dari berbagai pihak terkait untuk meng-optimalkan penggunaannya.
Copyrights © 2025