Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 10 No. 1 (2025): Februari

Peningkatan Hasil Belajar Pancasila Melalui Model Pembelajaran PBL di SD Negeri Sarirejo

Ummah, Qorinatul (Unknown)
Qoriati Mushafanah (Unknown)
Suwarni, Suwarni (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas VI A SDN Sarirejo dengan jumlah 28 peserta didik karena ditemukannya salah satu permasalahan bahwa proses pembelajaran Pancasila masih terpusat kepada guru dimana peserta didik kurang berperan aktif, kurang antusias selama pembelajaran sehingga berpengaruh pada hasil belajar peserta didik yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Pancasila peserta didik melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang didasari 4 tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dengan metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dimana yang sebelumnya pada pra siklus persentase ketuntasan belajar hanya sebesar 46,42% menjadi meningkat pada siklus 1 dengan persentase tingkat ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 71,43% atau 20 dari 28 peserta didik telah tuntas belajar. Kemudian meningkat kembali pada siklus 2 dengan persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 92,86% atau 26 dari 28 peserta didik telah tuntas belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa penggunaan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar Pancasila dikelas VI A.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...