Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VII K SMPN 6 Mataram pada materi bangun ruang (kubus, balok, prisma segitiga) melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dan metode permainan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. Pada siklus I rata-rata presentase aktivitas belajar peserta didik mencapai 60%. Pada siklus II meningkat menjadi 67,25%, dan pada siklus III presentase aktivitas belajar meningkat menjadi 77,41%. Selain itu, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata dan presentase ketuntasan belajar peserta didik pada setiap siklus. Pada siklus I, nilai rata-rata peserta didik 74,12 dengan presentase ketuntasan belajar 43,90%. Pada siklus II, nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 78,32 dengan presentase ketuntasan belajar 63,41%. Pada siklus III, nilai rata-rata peserta didik mencapai 80,07 dengan presentase ketuntasan 78,04%. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VII K SMPN 6 Mataram.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025