Motivasi belajar siswa merupakan faktor penting dalam keberhasilan proses pembelajaran. Namun, rendahnya motivasi belajar sering menjadi kendala dalam mencapai hasil belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Instrumen penelitian meliputi observasi dan angket untuk mengukur tingkat motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Pada siklus I, persentase motivasi belajar siswa sebesar 43%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 77%. Hasil angket juga menunjukkan peningkatan dari 43% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII C di SMPN 11 Mataram.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025