Kebutuhan dan karakteristik peserta didik yang beragam memerlukan treatment yang tepat dalam pembelajaran untuk meningkatkan potensi yang ada termasuk pada hasil belajar. Peserta didik yang beragam di dalam kelas tentunya memiliki tingkatan kemampuan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan dan model pembelajaran yang tepat untuk peningkatan kemampuan berfikir guna pemerataan kesenjangan pengetahuan. Kreatifitas guru dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik sangat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan pendekatan TaRL yang disandingkan dengan model PBL pada mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di SMPN 11 Mataram. Subjek penelitian ini ditujukan pada kelas VIII.B yang berjumlah 29 peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan instrument observasi dan tes. Selain itu, peneliti menganalisis informasi dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan evaluasi, ditemukan hasil belajar antara siklus 1 dan siklus 2 mengalami peningkatan. Pada siklus 1, presentase ketuntasan peserta didik mencapai 55% yakni terdapat 16 dari 29 peserta didik mencapai nilai tuntas. Selanjutnya terjadi peningkatan presentase ketuntasan pada siklus 2 yang mencapai 79% atau terdapat 23 dari 29 peserta didik yang mencapai ketuntasan. Peningkatan hasil belajar ini membuktikan bahwa pembelajaran dengan menerapkan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) yang disandingkan dengan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila.
Copyrights © 2025