Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 10 No. 1 (2025): Februari

Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Pembuatan Pola Praktis Pada Mata Pelajaran Pembuatan Pola Tata Busana di SMKN 1 Ampek Angkek

Qalbina , Fitrah (Unknown)
Ernawati, Ernawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan kesulitan belajar yang dialami oleh siswa kelas XI Tata Busana tahun ajaran 2023/2024 pada mata pelajaran pembuatan pola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) faktor-faktor penyebab kesulitan belajar pembuatan pola parktis pada mata pelajaran pembuatan pola di SMKN 1 Ampek Angkek ditinjau dari faktor internal yang meliputi sikap terhadap  belajar, motivasi dan rasa percaya diri (2) faktor-faktor penyebab kesulitan belajar pembuatan pola praktis pada mata pelajaran pembuatan pola di SMKN 1 Ampek Angkek ditinjau dari faktor eksternal yang meliputi  keluarga, sekolah dan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Tata busana SMKN 1 Ampek Angkek tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 54 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan nonprobability sampling (sampel jenuh), sehingga seluruh populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert yang telah diuji validitas dan realibilitasnya. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif menggunakan aplikasi SPSS dan microsoft excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) faktor kesulitan belajar ditinjau dari faktor internal adalah sebagai berikut: indikator sikap terhadap belajar sebesar 43% atau 23 siswa dalam kategori sedang, indikator motivasi sebesar 41% atau 22 siswa dalam kategori sedang dan indikator rasa percaya diri sebesar 54%. Atau 29 siswa dalam kategori sedang (2) faktor kesulitan belajar ditinjau fari faktor eksternal sebagai berikut:  indikator keluarga sebesar 37% atau 20 siswa dalam kategori tinggi, infikator sekolah sebesar 39% atau 21 siswa dalam kategori sedang dan indikator masyarakat sebesar 41%  atau 22 siswa dalam kategori rendah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...