Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa
Vol 30, No 1 (2025)

IMPLEMENTASI VIRTUAL REALITY PT. PLN (PERSERO) GARDU INDUK TEGANGAN EKSTRA TINGGI BALARAJA

Rois Abid, M. Nur (Unknown)
Hidayat, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2025

Abstract

Kesulitan dalam mengakses informasi secara fisik serta kebutuhan untuk memahami kondisi infrastruktur listrik menjadi tantangan yang dihadapi. Oleh karena itu, aplikasi berbasis Virtual Reality (VR) dikembangkan untuk memberikan representasi visual kondisi fisik secara virtual dan mempermudah akses informasi bagi pengguna. Dengan kemajuan teknologi, VR memungkinkan interaksi dengan lingkungan yang disimulasikan oleh komputer. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan perangkat lunak grafis 3D, yaitu Blender 2.78 dan Unity 5.6.2f1. dengan metode pengembangan Waterfall serta diuji menggunakan Blackbox. Fitur yang tersedia mencakup profil PLN sebagai sumber informasi perusahaan, peta lokasi untuk memudahkan navigasi pengguna, serta pengalaman VR yang memungkinkan eksplorasi kondisi fisik secara interaktif. Hasil implementasi menunjukkan bahwa aplikasi ini berfungsi dengan baik, dengan interaksi yang dilakukan melalui layar komputer menggunakan mouse dan keyboard.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

tekno

Publisher

Subject

Automotive Engineering Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Materials Science & Nanotechnology

Description

Jurnal ini diterbitkan secara berkala tiga kali dalam setahun, April, Agustus, dan Desember. Artikel yang dimuat dalam jurnal ini merupakan artikel ilmiah hasil penelitian tentang teknologi dan rekayasa yang meliputi teknik informatika, teknik elektro, teknik mesin, dan teknik industri. Artikel ...