Satu dari beragam faktor yang memberikan pengaruh dalam proses pembelajaran yakni media pembelajaran. Media pembelajaran perlu dirancang oleh pendidik agar dapat mencapai tujuan pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan perlu menyesuaikan dengan perkembangan lingkungan belajar peserta didik yang sedang berkembang, salah satunya menggunakan Artificial Intelegence. Beragam aplikasi dalam AI yang dapat digunakan, namun perlu adanya gambaran kemudahan terkait aplikasi tersebut sehingga menjadi pilihan yang dapat digunakan dalam mendukung kegiatan pembelajaran atau perkuliahan, sehingga penulis tertarik memberikan Analisis Pilihan Penggunaan Artificial Intelegence Dalam Mendukung Perkuliahan Fisika dan Matematika Terapan pada Taruna Teknika Nautika KPN. Metode dalam kajian ini yakni metode penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif, penulis juga menggunakan metode kuantitatif. Lokasi berada di AMN Cilacap dan dilakukan melalui online dan offline. Subjeknya yakni Taruna Teknika, Nautika, KPN. Pengambilan data kuesioner dilaksanakan terhadap 119 (seratus sembilan belas) taruna Teknika, Nautika, KPN. Disimpulkan bahwa urutan persentase pilihan tertinggi penggunaan aplikasi AI untuk menghasilkan teks dalam mendukung Perkuliahan Fisika dan Matematika Terapan pada Taruna Teknika Nautika KPN yakni ChatGPT senilai 65,5%.
Copyrights © 2025