Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan bimbingan konseling karir berbasis asesmen bakat minat (ABM) sebagai solusi untuk membantu siswa kelas XII MAN 2 Indramayu menentukan karirnya dan untuk mengetahui hambatan atau tantangan yang dihadapi guru BK dalam penerapan ABM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif, subjek penelitian ini yaitu guru BK dan siswa kelas XII MAN 2 Indramayu. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan ABM menjadi alat instrumentasi yang tepat digunakan guru BK untuk mendukung program bimbingan konseling karir dan dapat membantu siswa menentukan karirnya berdasarkan bakat dan minat mereka. Penilaian bakat meliputi bidang-bidang verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, mekanika, penggunaan bahasa, dan klerikal. Sedangkan penilaian minat meliputi minat dasar, minat metodis, dan minat praktis. Adapun hambatan dalam penerapan ABM ini yaitu; 1) kurangnya sumber daya guru BK, 2) kurangnya fasilitas komputer, dan 3) jaringan.
Copyrights © 2025