KETIK : Jurnal Informatika
Vol. 2 No. 04 (2025): Maret

Analisis Penilaian Rebranding Terhadap Identitas Merek Produk

Anissa Fidelia (Unknown)
Laila, Ema (Unknown)
Darlies, Meiyi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2025

Abstract

Re-branding merupakan strategi penting dalam meningkatkan daya saing bisnis, terutama di industri kuliner yang memiliki persaingan tinggi. Lesehan Bakso Palapa sebagai salah satu usaha kuliner di Pagar Alam melakukan re-branding untuk memperbarui identitas merek agar lebih relevan dengan tren pasar dan preferensi pelangga. Namun, kelayakan dari desain re-branding ini perlu diuji untuk memastikan dampak terhadap citra merek dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan desain brand identity yang meliputi aspek Brand Repositioning, Brand Renaming, Brand Redesign, dan Brand Relaunch. Metode penelitian yang digunakan kombinasi pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulan melalui wawancara dengan pemilik usaha, dan melakukan observasi langsung ke objek penelitian. Hasil penelitian dianalisis menggunakan Teknik statistik deskriptif untuk mengukur kelayakan dari desain re-branding. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa desain re-branding layak diterapkan, dengan tingkat validasi rata – rata di atas 90%. Hal ini menunjukkan bahwa perubahan brand identity dan strategi komunikasi merek dapat diterima dengan baik oleh pemilik usaha dan tim ahli.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

KETIK

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal KETIK merupakan nama dari Jurnal Informatika yang dikelola Faatuatua Media Karya. Jurnal ini menerbit tuliasan ilmiah dalam bahasa indonesia tentang bidang pengetahuan Informatika. Artikel yang dipublikasi penerbit berasal dari para penulis dari peneliti, mahasiswa, dan dosen sehingga ...