cover
Contact Name
RIVALRI KRISTIANTO HONDRO
Contact Email
rivalryjurnal@gmail.com
Phone
+6281375255171
Journal Mail Official
ketik@faatuatua.com
Editorial Address
Desa Ujung Labuhen, Perumahan New Pratama Asri Blok E No. 11, Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia
Location
Kab. deli serdang,
Sumatera utara
INDONESIA
KETIK : Jurnal Informatika
Published by FAATUATUA MEDIA KARYA
ISSN : -     EISSN : 3026183     DOI : 10.70404
Core Subject : Science,
Jurnal KETIK merupakan nama dari Jurnal Informatika yang dikelola Faatuatua Media Karya. Jurnal ini menerbit tuliasan ilmiah dalam bahasa indonesia tentang bidang pengetahuan Informatika. Artikel yang dipublikasi penerbit berasal dari para penulis dari peneliti, mahasiswa, dan dosen sehingga pertanggung jawabannya ada pada penulis. Terbitan pertama jurnal KETIK pada september 2023. Jurnal KETIK terbit enam (6) issue per volume yaitu September (Issue 01), November (Issue 02), Januari (Issue 03), Maret (Issue 04), Mei (Issue 05), Juli (Issue 06).
Articles 59 Documents
Analisis dan Implementasi Metode Naive Bayes Pada Classification Sentimen Komentar Pelanggan Rusmin Saragih
KETIK : Jurnal Informatika Vol. 1 No. 01 (2023): September
Publisher : Faatuatua Media Karya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hotel sambas mengalami kesulitan untuk mendapatkan makna atau kesimpulan dari keseluruhan komentar yang diberikan pelanggan terhadap produk dan layanan hotel dikarenakan banyaknya komentar yang ada, pertahun mencapai 675 komentar. Sistem analisis sentiment analysis system bertujuan untuk membantu pihak hotel dalam mendapatkan makna dari komentar yang banyak dengan menggunakan metode Naive Bayes Classifier (NBC). Metode ini mengelompokan komentar berdasarkan kategori-kategori yang ditinjau oleh hotel. Komentar dibagi berdasarkan sentimen positif dan negatif, sehingga dapat dievaluasi kepuasan pelanggan terhadap produk dan jasa yang disediakan secara terkomputerisasi dan spesifik. Hasil dari penelitian yang dilakukan mendapatkan enam kategori yang ditinjau dengan 55 keyword kata benda, terdapat 120 keyword sentimen dengan 66 kata sentimen positif dan 54 kata sentimen negatif. Hasil pengolahan terhadap175 data latih disimpulkan bahwa hasil klasifikasi sentimen yang didapat adalah sentimen positif sebanyak 155 komentar dan sentimen negatif sebanyak 20 komentar. Kategori sentimen positif terbesar adalah kategori kamar sebesar 73 komentar dan kategori dengan sentimen negatif terbesar adalah kategori kamar sebesar 17 komentar. Tingkat akurasi dalam penentuan kategori adalah sebesar 77.14% dan 75.42% dalam penentuan sentimen memiliki tingkat precision 99.12% dan recall 72.9%.
Analisis Sentimen Peringkat Pengguna Aplikasi Layanan Online Transportasi Melalui Komentar di Twitter Natalia Silalahi
KETIK : Jurnal Informatika Vol. 1 No. 01 (2023): September
Publisher : Faatuatua Media Karya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berkembangnya dunia teknologi informasi, transportation berkembang dengan adanya jasa transportation online. Saat ini penggunaan Jasa transportation online sudah seperti kebutuhan, melakukan analisis sentimen terhadap Jasa transportation online untuk mengerahui mendapatkan informasi bagaimana pendapat masyarakat terhadap Jasa transportation online tersebut. Data positive digunakan harus merupakan data positive. Media yang digunakan untuk mengambil data yang berasal dari platform media sosial, Twitter. Tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisis tanggapan masyarakat dengan menganalisis data dalam bentuk tweet, kemudian menggunakan metode naive Bayes classifier untuk mengklasifikasikannya ke dalam kategori positif dan negatif. Berdasarkan sistem yang telah dibangun didapatkan hasil 88,60% sentimen positif dan 11,40% sentimen negatif dengan akurasi 86,80%. Ternyata tingkat sentimen positif dari tweet publik lebih besar dari pada tingkat sentimen negatif.
Analisis Sentimen Kuliah Daring Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier Berdasarkan Angket Mahasiswa Nasib Marbun
KETIK : Jurnal Informatika Vol. 1 No. 01 (2023): September
Publisher : Faatuatua Media Karya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melakukan analisis sentimen berupa data angket mahasiswa untuk mengetahui kepuasan mahasiswa dalam proses pendidikan secara daring/online. Analisis sentimen adalah proses klasifikasi dokumen dan dalam penelitian ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu kelas positif, negatif dan netral. Prosesnya diawali dengan membagi dokumen menjadi data latih dan data uji. Data latih digunakan metode NBC sehingga diperoleh model klasifikasi untuk penentuan kelas pada data uji. Metode naïve bayes classifier adalah metode yang berdasarkan probabilitas dan teorema bayesian. Metode ini digunakan untuk mengklasifikasikan hasil data opini mahasiswa yang dituliskan pada form kepuasan angket mahasiswa terhadap dosen sehingga menghasilkan klasifikasi secara otomatis yang diinginkan. Hasil penelitian ini dipakai untuk menentukan klasifikasi dari data angket mahasiswa sehingga data mudah terbaca. Klasifikasi metode ini mempunyai tingkat precision 75%, recall 75% dan akurasi 80%.
Analsis dan Implementasi Metode Naïve Bayes dan SVM Pada Sentimen Pemilihan Calon Presiden RI Mediana Zalukhu
KETIK : Jurnal Informatika Vol. 1 No. 01 (2023): September
Publisher : Faatuatua Media Karya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Analisis sentimen merupakan ilmu yang berguna untuk menganalisis pendapat seseorang, sentiment seseorang, evaluasi seseorang, sikap seseorang dan emosi seseorang ke dalam bahasa tertulis. Penelitian ini menggunakan search techniques dalam pengambilan data, sehingga pengambilan data dilakukan dengan efektif dan efisien. Search techniques dalam penelitian ini menggunakan Boolean searching dengan operator “AND”. Data yang sudah didapat dilabeli positif, netral dan negatif oleh penulis kemudian dikoreksi oleh ahli bahasa. Setelah itu dilakukan preProcessing baik itu mengubah kata tidak baku menjadi baku atau biasa disebut normalisasi menggunakan kamus dan mencari akar kata yaitu stemming dengan bantuan aplikasi Sastrawi Master. Selanjutnya dilakukan juga tokenisasi N-Gram, Unigram, Bigram, dan Trigram terhadap kalimat, kemudian menghilangkan kata-kata yang umum digunakan dan tidak mempunyai Informasi yang berharga pada suatu konteks atau biasa disebut stopword removal, dan mempertahankan emoticon karena emoticon merupakan simbol yang menunjukkan ekspresi seseorang ke dalam tulisan. Akurasi yang terbaik dalam penelitian ini adalah dengan dilakukan normalisasi dan stemming pada data sebesar 89,2655% menggunakan metode SVM, dan kemudian data yang dinormalisasi saja sebesar 88,7006% menggunakan metode SVM. Dalam penelitian ini, tidak ada ujicoba terhadap data yang dilakukan stemming saja, dikarenakan tahap yang harus dilakukan dalam stemming adalah melakukan normalisasi terlebih dahulu terhadap data.
Analisis Sentimen Pengguna Aplikasi E-Wallet Dana Melalui Postingan di Media Sosial Twitter Menggunakan Naïve Bayes Oktavianus Hondro
KETIK : Jurnal Informatika Vol. 1 No. 01 (2023): September
Publisher : Faatuatua Media Karya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Seiring berkembangnya zaman, saat ini teknologi informasi berkembang semakin cepat dalam setiap bidang salah satunya dalam bidang keuangan. Kini transaksi pun sudah tidak dilakukan secara manual, mulai dari adanya mesin ATM, mobile banking sampai yang trend saat ini adalah e-wallet. Bertransaksi menggunakan e-wallet sangatlah mudah, kita hanya perlu bertukar nomor handphone yang sudah kita daftarkan pada aplikasi e-wallet tersebut. Aplikasi DANA merupakan salah satu aplikasi e-wallet yang paling diminati karena tampilan yang bagus dan cara menggunakan yang mudah. Akan tetapi walaupun diminati persepsi penggunanya terdapat opini yang positif dan negatif. Biasanya pengguna memilih beropini secara terbuka melalui media sosial seperti twitter karena merasa lebih terbuka daripada berpendapat langsung. Untuk mengetahui berhasil atau tidaknya aplikasi DANA, maka diadakan penelitian analisis sentiment terhadap aplikasi dana di media sosial twitter menggunakan metode naïve bayes.
Implementasi Metode MAUT Dengan Pembobotan ROC Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kepala Gudang PT. Sinwa Perdana Mandiri Harefa, Yubertinus; Waruwu, Fince Tinus; Sayuti, Muhammad
KETIK : Jurnal Informatika Vol. 1 No. 02 (2023): November
Publisher : Faatuatua Media Karya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70404/ketik.v1i02.19

Abstract

Pemilihan kepala gudang adalah proses untuk memilih seseorang yang akan menjabat sebagai kepala gudang atau manajer. Adapun permasalahan dalam pemilihan kepala gudang yang sering terjadi adalah sulit untuk melakukan pemilihan dengan cepat, efektif dan akurat. Pada sistem pendukung keputusan ini penulis menggunakan metode MAUT dengan pembobotan ROC yang dimana metode MAUT dapat menganalisis keputusan yang digunakan untuk mengevaluasi dan memilih alternatif berdasarkan kriteria, sedangkan ROC dapat memberikan nilai bobot yang dibutuhkan dalam prankingan pada sistem pendukung keputusan. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan metode MAUT pada pemilihan kepala gudang, yang akan menjadi kepala gudang yaitu Alternatif A2 atas nama Rahmat Aprianto dengan nilai hasil 1,512558. Kesimpulannya adalah Rahmat Aprianto yang akan menjadi kepala gudang di PT. Sinwa Perdana Mandiri.
Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menilai Kinerja Karyawan Menggunakan Metode Waspas Pada PT. Sinwa Perdana Mandiri Gea, Heppy
KETIK : Jurnal Informatika Vol. 1 No. 02 (2023): November
Publisher : Faatuatua Media Karya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70404/ketik.v1i02.20

Abstract

Sistem pendukung keputusan dalam menilai kinerja karyawan pada suatu perusahaan sangatlah penting bagi karyawan untuk mendapatkan rekomendasi dan peningkatan jabatan. Namun penilaian kinerja karyawan pada PT. Sinwa Perdana Mandiri saat ini dilakukan masih menggunakan penilaian secara subjektif dan pihak manajemen kesulitan dalam mengambil keputusan secara cepat dan akurat dikarenakan jumlah alternatif yang cukup banyak.Melakukan penilaian yang efektif maka dibangunlah sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan, salah satunya metode yang dipakai dalam sistem pendukung keputusan adalah WASPAS (Weight Aggregated Sum Product Assesment) yang dapat menghasilkan preferensi dari alternatif yang menjadi peringkat tertinggi.Hasil penelitian ini berupa aplikasi untuk menghitung penilaian kinerja karyawan dimana output informasi yang berbentuk laporan berisi hasil perangkingan, sehingga disimpulkan bahwa yang menjadi pilihan terbaik dalam penilaian kinerja karyawan pada PT. Sinwa Perdana Mandiri terdapat pada tabel 4.8 yaitu A5 dan A9 sebagai peringkat tertinggi.
Penerapan Metode MOOSRA Dan ROC Dalam Pemilihan Karyawan Terbaik Pada CV. Morris Hutagaol Sinaga, Firman Holong
KETIK : Jurnal Informatika Vol. 1 No. 02 (2023): November
Publisher : Faatuatua Media Karya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70404/ketik.v1i02.21

Abstract

Pemilihan karyawan terbaik merupakan suatu proses atau kegiatan untuk penetapan pemahaman bersama tentang apa yang akan dicapai pada perusahaan dengan tujuan mengembangkan karyawan dengan cara peningkatan produktivitas kerja pada perusahaan CV. Morris Hutagaol, dimana peningkatan tersebut akan dicapai dalam waktu yang singkat ataupun lama. Pemilihan karyawan terbaik di CV. Morris Hutagaol masih mengalami kendala karena masih menggunakan sistem penilaian yang manual dengan cara penelitian individu pimpinan, Sehingga kadangkala terdapat karyawan yang merasa berhak mendapatkan pemilihan karyawan terbaik akan tetapi tidak terpilih dalam pemilihan karyawan terbaik tersebut. Hal ini akan berakibat, kurang percayanya karyawan terhadap hasil penilaian yang dilakukan pimpinan.Maka dari itu untuk menyelesaikan masalah tersebut penulis memilih untuk menyelesaikan dengan membuat sistem pendukung keputusan dengan metode Multi Objective Optimazation on the basis of Simple Ratio Analysis (MOOSRA) dan metode Rank Order Centroid (ROC). Sistem pendukung keputusan (SPK) merupakan sistem informasi interaktif yang menyediakan informasi, pemodelan, dan pemanipulasi data. Metode MOOSRA digunakan untuk memecahkan masalah dengan perhitungan matematika yang kompleks, Sedangkan metode ROC digunakan untuk memberikan bobot berdasarkan tingkat kepentingan dari kriteria. Dimana ada beberapa kriteria yang masing-masing memiliki bobot penilaian sehingga memberikan hasil penilaian karyawan yang akurat terhadap setiap kinerja karyawan terbaik.Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat menentukan karyawan terbaik di CV. Morris Hutagaol berdasarkan kriteria menggunakan metode MOOSRA dan metode ROC. Dilakukan uji coba dengan menggunakan sampel data sebanyak 8 orang dari karyawan di CV. Morris Hutagaol. Dengan adanya sistem pendukung keputusan dapat memberikan penilaian kinerja karyawan terbaik berdasarkan rangking.
Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Ketua Pengurus Unit Kerja Serikat Pekerja Seluruh Indonesia Di PT. Sumatera Riang Lestari Menggunakan Metode WASPAS Lase, Jhoin Heryanto
KETIK : Jurnal Informatika Vol. 1 No. 02 (2023): November
Publisher : Faatuatua Media Karya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70404/ketik.v1i02.22

Abstract

PT. Sumatera Riang Lestari merupakan perusahaan yang bekerja di bidang Hutan Tanaman Industri (HTI) yang dimana hutan tanaman industri ini adalah sebuah perkebunan monokultur skala besar yang ditanam dan dipanen untuk produksi bubur kertas. Pada dasarnya PT. Sumatera Riang Lestri juga ada sebuah organisi yang dimana organisasi ini bertuajuan untuk membantu setiap Hak dan kewajiban karyawan yang akan bermasalah dengan perusahan. Dimana organisasi tersebut yaitu Pengurus Unit Kerja (PUK), Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI). Pada pemiliihan ketua pengurus unit kerja ini yang di mana di lakukan sebelumnya pemilihan ketua seperti biasanya. Adapun hasil pemilihan ketua sebelumnya tidak maksimal ataupun tidak akurat.Pada sistem pendukung keputusan ini penulis menggunakan metode Weight Aggregated Sum Product Assesment(WASPAS) untuk pemilihan ketua organisasi. Metode WASPAS sangat sesuai digunakan pada penelitian ini karena perhitungan metode ini melakukan proses perangkingan berdasarkan atribut dan bobot yang berbeda-beda, sehingga hasil yang didapat akan lebih maksimal dikarenakan penelitian ini mencari nilai bobot tertinggi hingga terendah dari tiap atribut.Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan metode WASPAS pada pemilihan ketua, yang akan menjadi Ketua organisasi Pengurus Unit Kerja yaitu Agusman Zebua dengan nilai hasil 0,1236. Kesimpulanya adalah Agusman Zebua yang akan menjadi ketua Pengurus Unit Kerja di PT. Sumatera Riang Lestari.
Penerapan Data Mining Untuk Menentukan Stok Barang Pada Indomaret Cabang Gedung Arca Dengan Menggunakan Metode Apriori Harahap, Masdalifa
KETIK : Jurnal Informatika Vol. 1 No. 02 (2023): November
Publisher : Faatuatua Media Karya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70404/ketik.v1i02.23

Abstract

Persediaan stok barang dapat dilakukan dengan memeriksa data transaksi yang ada di database yang tersembunyi dan dapat dilakukan untuk mengetahui informasi tersembunyi dari pengolahan data. Perusahan yang bergerak pada bidang penjualan membutuhkan kemajuan di dalam bidang pelayanan terlebih kesediaan stok barang. PT. Indomarco Prismatama Cabang Gedung Acara dalam menentukan stok dilihat berdasarkan transaksi penjualan secara manual sehingga dapat mengalami masalah, disebabkan oleh sistem yang kurang mendukung). Indomaret Cabang Gedung Arca adalah toko yang melayani kebutuhan masyarakat atau pusat perbelanjaan modern yang dekat dengan pemukiman penduduk. Indomaret menyediakan berbagai produk kebutuhan sehari-hari seperti sembako, snack, minuman dan sejenisnya. Dalam hal jual-beli, toko ini menggunakan komputer, dan setiap penjualan dicatat dan disimpan dalam database. Untuk menyelesaikan masalah ini, diperlukan sebuah sistem data mining cerdas yang menggunakan algoritma apriori untuk membantu dan meringankan dalam membuat keputusan tentang stok dan jenis barang di toko Indomaret. Dalam Algoritma Apriori, digunakan prinsip asosiasi yang berdasarkan pada tingkat kepercayaan dan dukungan, yang memungkinkan metode pengambilan data dan sistem untuk mengidentifikasi keterkaitan antara berbagai atribut.