Parkiran kopi sepeda merupakan suatu usaha dagang yang memiliki motif menghadirkan kopi berkualitas dengan harga yang terjangkau. Adanya tingkat persaingan yang tinggi karena semakin banyak usaha yang sama bermunculan maka coffee shop dituntut untuk membuat sebuah rancangan strategi yang memberikan nilai lebih kepadakonsumen dengan biaya yang terjangkau disemua kalangan. Dalam penelitian ini, Blue Ocean Strategy digunakan sebagai metode untuk merancang sebuah strategi yang berfokusmenguasai pasar bisnis melalui proses dengan alat analisis kanvas strategi dankerangka kerja empat langkah. Kanvas strategi digunakan untuk mengetahui posisiperusahaan terhadap pesaing didalam persaingan pasar. Sedangkan kerangka kerja empatlangkah berfungsi untuk merekonstruksikan atribut–atribut nilai pembeli dalam membuatkurva nilai baru. Dari hasil pembahasan yang telah dilakukan maka strategi yang perluditerapkan coffee shop adalah coffee roastery, histori varian kopi dan tabel rasa kopi yang selama ini belum pernahditawarkan. Selain ituperlu meningkatkan nilai atribut yang selamaini menjadi ajang persaingan yaitu kualitas produk, kualitas pelayanan, promosi, inovasi produk dan kenyamanantempat.
Copyrights © 2025