Jurnal Masyarakat Madani Indonesia
Vol. 4 No. 2 (2025): Mei

Pelatihan Pengelolaan Website untuk Guru SD Negeri 5 Lerep Kabupaten Semarang

Sri Mujiyono (1Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Komputer dan Pendidikan, Universitas Ngudi Waluyo)
Ucta Pradema Sanjaya (1Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Komputer dan Pendidikan, Universitas Ngudi Waluyo)
Iwan Setiawan Wibisono (1Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Komputer dan Pendidikan, Universitas Ngudi Waluyo)
Hesti Yunitiara Rizqi (Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Komputer dan Pendidikan, Universitas Ngudi Waluyo)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2025

Abstract

Transformasi digital dalam pendidikan menjadi kebutuhan mendesak di era akselerasi teknologi, namun keterbatasan literasi teknis di kalangan pendidik dan peserta didik menghambat optimalisasi infrastruktur yang tersedia. Studi kasus di SD Negeri 5 Lerep menunjukkan absennya platform digital resmi sebagai sarana penunjang pembelajaran, padahal website dapat menjadi ekosistem dinamis untuk kolaborasi dan interaksi tanpa batas geografis. Minimnya keterampilan teknis guru menyebabkan potensi transformatif teknologi terabaikan, sehingga diperlukan solusi strategis seperti pelatihan intensif pembuatan website. Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dirancang untuk mengubah pendidik dari konsumen pasif menjadi arsitek konten digital, membangun identitas digital sekolah, dan menciptakan ekosistem belajar yang adaptif dan personal. Kegiatan PkM ini berhasil mengembangkan website berbasis WordPress dengan pendekatan hybrid, menggabungkan metode waterfall dan agile, serta fitur seperti drag-and-drop builder dan plugin LearnDash. Hasilnya, terbentuk portal yang tidak hanya memfasilitasi administrasi terpusat, tetapi juga membuka kanal komunikasi transparan antara guru, orang tua, dan murid. Portal aktif SD Negeri 5 Lerep menjadi model replikabel untuk institusi pendidikan dengan keterbatasan serupa, menciptakan jejaring kolaboratif berkelanjutan yang mendorong revolusi cara berpikir dalam pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JS

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Public Health Social Sciences

Description

Jurnal ini berfokus pada penelitian dan program keterlibatan akademisi-komunitas untuk memajukan teori, penelitian, dan praktik yang berguna bagi masyarakat. Selain mengenal semua istilah filosofis di lapangan, yaitu community engagement, development, empowerment, dan service, kami juga menyambut ...