ARSY : Jurnal Aplikasi Riset kepada Masyarakat
Vol. 6 No. 1 (2025): ARSY : Jurnal Aplikasi Riset kepada Masyarakat

Edukasi Pengamalan Sila pada SDN 042 Kualu melalui Sudut Bacaan

Nur Aisyah Thalib (Universitas Islam Riau)
Muhammad Hafizh Rahyunir (Universitas Islam Riau)
Zulkarnaini Umar (Universitas Islam Riau)
Abd Thalib (Universitas Islam Riau)
Chelvy Febrita Herman (Universitas Islam Riau)
Novia Ramadhani (Universitas Islam Riau)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2025

Abstract

Penanaman nilai Pancasila sangat penting untuk menumbuhkan karakter siswa sekolah dasar dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu masalah utama yang diidentifikasi adalah rendahnya minat siswa dalam membaca. Ini disebabkan oleh kurangnya akses ke bahan bacaan yang menarik dan kurangnya kesadaran akan pentingnya literasi. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menemukan cara untuk mengatasi kesulitan membaca dan meningkatkan pembelajaran pancasila di SDN 042 Kualu dengan menggunakan media sudut bacaan. Hasil Pengabdian menunjukkan bahwa sudut baca mendapat respons positif dari siswa. Siswa lebih tertarik untuk membaca, terutama buku bergambar dan cerita pendek. Sudut baca dapat digunakan dalam gerakan literasi sekolah, sebagai materi diskusi atau pencarian, dan untuk mengisi waktu kosong. Sudut baca juga menjadi tempat anak-anak bersosialisasi, di mana mereka berbagi cerita dan berinteraksi satu sama lain. Jadi, program ini berhasil menumbuhkan karakter siswa sekolah dasar dalam kehidupan sehari-hari dan membangun kebiasaan membaca sejak dini. Dengan demikian, diharapkan bahwa pojok baca akan menghasilkan generasi yang cerdas, bertanggung jawab, dan siap menghadapi tantangan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

arsy

Publisher

Subject

Humanities

Description

ARSY : Jurnal Aplikasi Riset kapada Masyarakat is a scientific publication in the field of community service and empowerment by strengthening the fields research in applied science and social ...