Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah diterapkannya model project based learning pada mata pelajaran sejarah kelas XI di MAN 1 Kota Serang. Penelitian dilaksanakan pada 30 Juli 2024 – 21 Agustus 2024. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS MAN 1 Kota Serang dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen, dengan teknik pengambilan sampel yaitu non probalitiy sampling, masing – masing sampel berjumlah 37 siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu uraian atau esai sebanyak 8 soal. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t dengan rumus polled varian, yang diperoleh = 6,41 > = 1,99 dengan α = 0,05, berdasarkan uji n – gain, peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 0,40 tergolong kategori sedang dan dalam bentuk persen sebesar 40% yang tergolong kurang efektif, sehingga diterima dan ditolak. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah diterapkan model project based learning pada mata pelajaran sejarah.
Copyrights © 2025