Estoria: Journal of Social Sciences & Humanities
Vol 5, No 2 (2025): Estoria: Journal of Social Sciences & Humanities

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI di MAN 1 Kota Serang

Komariyah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah diterapkannya model project based learning pada mata pelajaran sejarah kelas XI di MAN 1 Kota Serang. Penelitian dilaksanakan pada 30 Juli 2024 – 21 Agustus 2024. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS MAN 1 Kota Serang dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen, dengan teknik pengambilan sampel yaitu non probalitiy sampling, masing – masing sampel berjumlah 37 siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu uraian atau esai sebanyak 8 soal. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t dengan rumus polled varian, yang diperoleh  = 6,41 >  = 1,99 dengan α = 0,05, berdasarkan uji n – gain, peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 0,40 tergolong kategori sedang dan dalam bentuk persen sebesar 40% yang tergolong kurang efektif, sehingga  diterima dan  ditolak. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah diterapkan model project based learning pada mata pelajaran sejarah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

estoria

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Publishes articles in provides space for academic debate and critical thinking to explore: 1. History Education ; from all areas such as formal and informal education systems, comparative education, and policy in a range of settings. 2. History ; from all areas and periods and has played an ...