Jurnal Projemen UNIPA
Vol. 12 No. 1 (2025): Januari: Jurnal Projemen UNIPA

Pengaruh Kualitas Pengalaman terhadap Niat Mengunjungi Kembali Dimediasi oleh Emosi Positif (Studi Pada Budi Sun Resort Maumere)

Dimas Realino (Unknown)
Rosalina Andriyani Ebang Pareira2 (Unknown)
Yudha Adytya Pertywy (Unknown)
Putu Maidy Belanita (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2025

Abstract

Maumere memiliki banyak destinasi wisata, semua jenis obyek wisata mulai dari pegunungan, air terjun, taman nasional, pantai, hingga perbukitan ada di Maumere. Maumere memiliki wisata pantai dan jasa perhotelan/resort dengan penawaran fasilitas dan jasa yang memukau. Industri pariwisata khususnya pada bidang perhotelan menjadi salah satu sektor industri yang juga memiliki pengaruh di dalam perkembangan ekonomi di Maumere namun terdapat fluktuasi jumlah tamu yang menginap. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pengalaman pelanggan terhadap niat kunjungan kembali yang dimediasi oleh emosi positif di Budi Sun Hotel Maumere. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner. Ukuran sampel yang diperlukan untuk analisis PLS adalah minimal 100 responden Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS 3.3.3. Hasil analisis menggunakan aplikasi Smart PLS menunjukkan bahwa kualitas pengalaman pelanggan berpengaruh positif terhadap niat kunjungan kembali, dan emosi positif berfungsi sebagai mediator yang signifikan. Temuan ini memberikan wawasan bagi manajemen hotel dalam meningkatkan pengalaman pelanggan untuk mendorong kunjungan kembali. Kualitas Pengalamandapat mempengaruhi Niat Mengunjungi Kembali baik secara langsung maupun dimediasi oleh Emosi Positif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Projemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal projemen UNIPA diharapkan dapat meningkatkan kualitas keilmuan dan penyebaran pengetahuan di bidang manajemen khususnya manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia serta manajemen ...