Jurnal Kelola : Jurnal Ilmu Sosial
Vol 7 No 2 (2024): KELOLA: Jurnal Ilmu Sosial

PERAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PENGUATAN KESADARAN DIGITAL DI ERA INFORMASI

Suhendi, Saca (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Perkembangan era digital telah membawa perubahan signifikan dalam kehidupan umat Islam, baik dalam aspek sosial, keagamaan, maupun pendidikan. Kemajuan teknologi informasi memungkinkan penyebaran ajaran Islam secara lebih luas, tetapi juga menghadirkan tantangan seperti misinformasi, penyebaran hoaks, dan pergeseran nilai-nilai keislaman. Oleh karena itu, diperlukan kesadaran digital yang kuat agar umat Islam dapat memanfaatkan teknologi secara bijak dan tetap berpegang pada prinsip-prinsip Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pendidikan Islam dalam membentuk kesadaran digital yang berlandaskan nilai-nilai Islam di tengah pesatnya perkembangan teknologi informasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik analisis literatur. Data dikumpulkan dari berbagai sumber yang relevan, seperti hasil penelitian terdahulu dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam memiliki peran strategis dalam membentuk kesadaran digital umat Islam melalui integrasi nilai-nilai Islam dalam literasi digital. Strategi pendidikan Islam yang efektif dapat meningkatkan sikap kritis terhadap informasi, memperkuat etika dalam bermedia, serta menjaga identitas keislaman di tengah arus globalisasi digital. Oleh karena itu, penguatan pendidikan Islam dalam ranah digital menjadi langkah penting dalam menciptakan masyarakat yang lebih cerdas, berakhlak, dan bertanggung jawab dalam memanfaatkan teknologi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jk

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences Other

Description

Jurnal Kelola: Jurnal Ilmu Sosial (ISSN 2076-0760) is a national open-access journal with rapid peer review, which publishes works from a wide range of fields, including anthropology, criminology, economics, education, geography, history, law, linguistics, political science, psychology, social ...