Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Vol. 4 No. 2 (2025): Maret 2025

Pelatihan Menulis Proposal Penelitian Tindakan Kelas Menggunakan Pendekatan Berbasis Aktivitas di Pondok Pesantren Nurul Fitri

Maelasari, Neneng (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2025

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) prosedur pelatihan pola workshop menulis proposal penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan berbasis aktivitas; 2) hasil pelatihan pola workshop menulis proposal penelitian tindakan kelas berbasis pendekatan aktivitas menggunakan pendekatan berbasis aktivitas. Pendekatan berbasis aktivitas (activity-based approach) merupakan suatu pendekatan yang di dalamnya terdiri atas berbagai aktivitas. Aktivitas ini ditinjau dari berbagai aspek yakni (1) aspek kognitif yang meliputi aktivitas berpikir, intelektual, dan bernalar, (2) aspek afektif meliputi aktivitas emosional/sikap, dan mental/rohani, (3) aspek psikomotor yang meliputi aktivitas fisik/jasmani dan aktivitas keterampilan berbahasa, serta aktivitas mengindera (visual, auditorial, dan kinestetik). Kegiatan ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Nurul Fitri Kabupaten Karawang. Kegiatan dilakukan pada tanggal 18 Desember 2024. Peserta pelatihan adalah para guru guru TK, SD, SMP, dan SMA Pondok Pesantren Nurul Fitri di Kabupaten Purwakarta. Mereka berjumlah 32 orang yang terbagi dari 4 guru TK, 8 guru SD, 10 guru SMP, dan 10 guru SMA. Pelatihan ini menggunakan metode workshop sehingga melahirkan produk yakni proposal penelitian tindakan kelas per kelompok peserta. Perangkat pelatihan pertama adalah bahan ajar menulis proposal penelitian tindakan kelas yang disusun khusus menggunakan pendekatan berbasis aktivitas. Data hasil pelatihan dikumpulkan menggunakan tes keterampilan menulis proposal penelitian tindakan kelas yang disusun secara objektif dan sistematis sehingga memenuhi syarat tes yang valid. Data prosedur pelatihan pola workshop menulis proposal penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan berbasis aktivitas dianalisis secara kualitatif. Data hasil pelatihan pola workshop menulis proposal penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan berbasis aktivitas dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif. Hasil pelatihan: 1) prosedur pelatihan pola workshop menulis proposal penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan berbasis aktivitas melibatkan 3 kegiatan awal, 31 kegiatan inti, dan 2 kegiatan akhir; 2) enam proposal penelitian tindakan kelas sebagai produk workshop.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal PEMBAHAS (Pembelajaran Bahasa dan Sastra) [p-ISSN 2809-5367][e-ISSN: 2809-6355] has the aim to develop and disseminate science and technology through scientific articles on the results of research and study of concepts or theories in an effort to enrich the scientific realm in the field of ...