Desain grafis merupakan keterampilan yang sangat penting bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk menghadapi tantangan dunia kerja di era digital. Namun, banyak siswa SMK menghadapi kendala dalam mengakses perangkat lunak profesional seperti Adobe Photoshop karena biaya lisensi yang tinggi dan terbatasnya sumber daya teknologi. Selain itu, rendahnya pemahaman terhadap konsep desain visual seperti tata letak, tipografi, dan pemilihan warna juga menjadi permasalahan utama dalam menghasilkan karya desain yang efektif dan profesional. Penelitian ini menawarkan solusi inovatif melalui pelatihan desain grafis menggunakan platform Canva, sebuah aplikasi desain grafis berbasis web yang praktis, ekonomis, dan mudah diakses. Pelatihan ini dirancang menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis proyek nyata, dengan tujuan utama meningkatkan keterampilan desain grafis siswa secara signifikan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan pengabdian kepada masyarakat (community-based research), melibatkan 30 siswa dari jurusan Multimedia dan Pemasaran Digital SMK Penerus Bangsa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara semi-terstruktur, Pre-Test dan Post-Test, serta evaluasi portofolio siswa dengan pendekatan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan siswa secara signifikan dari skor rata-rata 45% menjadi 85%, terutama pada aspek teknis Canva (30% ke 90%) dan kreativitas desain (48% ke 88%). Penelitian ini penting dalam mengintegrasikan Canva secara luas di pendidikan vokasional untuk meningkatkan kesiapan siswa menghadapi industri kreatif digital masa depan.
Copyrights © 2025