AWLADY Jurnal Pendidikan Anak
Vol 11, No 1 (2025)

Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalistik Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bercocok Tanam

Amanda, Putri Rizky (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Sit, Masganti (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk memahami bagaimana aktivitas bercocok tanam bisa mengembangkan kecerdasan naturalistik pada anak usia dini. Penelitian ini dilaksanakan di TK Madinah School, dengan sampel penelitian berupa 12 anak usia 5-6 tahun. Metode yang dimanfaatkan ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan untuk dua siklus, dengan fokus pada pengembangan kecerdasan naturalistik melalui kegiatan bercocok tanam. Teknik penghimpunan data yang dimanfaatkan meliputi observasi, wawancara, serta dokumentasi. Data dianalisis memanfaatkan teknik analisis deskriptif kualitatif serta kuantitatif melalui rumus persentase dalam mengukur perkembangan anak. Hasil penelitian menyatakan atas kegiatan bercocok tanam bisa secara signifikan mengoptimalkan kecerdasan naturalistik anak, dengan peningkatan yang positif pada aspek-aspek seperti ketertarikan terhadap alam, eksplorasi bahan alam, kepedulian terhadap lingkungan, serta pengetahuan tentang alam. Meskipun terdapat sedikit penurunan pada beberapa indikator pada siklus terakhir, temuan ini mendukung gagasan bahwa keterlibatan anak dalam kegiatan berbasis alam dapat merangsang kreativitas dan minat mereka terhadap lingkungan. Penelitian tersebut memberikan kontribusi untuk mengembangkan metode pembelajaran yang berfokus pada pemahaman alam dan ekologi di anak usia dini.

Copyrights © 2025