Kerampilan proses sains yang melakukan eksperimen atau uji coba dalam pembelajar saat ini sangatlah diperlukan bagi siswa, karena hal ini sangat diperlukan dalam pembelajaran sains untuk melatih siswa agar lebih terampil, dan bertanggung jawab . Namun, dari hasil beberapa jurnal yang diriview menunjukkan bahwa keterampilan proses sains dan kemandirian serta rasa ingin tahu siswa ini belum terlalu diterapkan di sekolah. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengembangkan dan mengimplementasikan Model Pembelajaran Discovery Learning guna melatih siswa untuk mengembangkan keterampilan proses sains dan kemandirian,sikap tanggung jawab serta rasa ingin tahu pada pembelajarnya dalam bereksperimen. Model Pembelajran Discovery Learning untuk Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab dan Rasa Ingin Tahu. Metode digunakan dalam penelitian ini adalah literature review yang sudah dianalisis hasil penelitian yang terindeks sinta 2 – 5 dengan tahun penerbitan 2016 – 2024 yang memiliki persamaan tema dan pertanyaan penelitian. Dalam penelitian ini menggunakan 10 artikel yang telah di review dan ternyata memang benar Model Discovery Learning ini untuk Meningkatkan Sikap Tanggung Jawa Siswa dan Rasa Ingin Tahu sangat membantu siswa dalam pembelajaran.
Copyrights © 2024