Fenomena yang terjadi menunjukkan bahwa pembelajaran fisika sering kali dianggap sulit dan membosankan oleh siswa, sehingga berdampak negatif pada minat belajar dan hasil belajar mereka. Masalah penelitian ini berfokus pada bagaimana model pembelajaran berbasis permainan (game based learning) dapat mempengaruhi minat dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran fisika. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah metode Literature Riview. Metode yang digunakan adalah tinjauan literatur dari jurnal-jurnal terindeks Sinta 2-6 yang diterbitkan pada rentang tahun 2019-2024. Berdasarkan hasil penelitian yang dianalisis, ditemukan bahwa penerapan game based learning dalam pembelajaran fisika berdampak positif terhadap peningkatan minat dan hasil belajar siswa. Model pembelajaran ini mampu menjadikan materi fisika lebih menarik dan mudah dipahami, sehingga siswa lebih termotivasi dan aktif dalam proses belajar. Kesimpulan ini didukung oleh berbagai studi yang menunjukkan peningkatan signifikan dalam aspek motivasi dan prestasi belajar siswa setelah diimplementasikannya game based learning dalam kurikulum fisika.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024