Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap penggunaan media video dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan fokus pada materi Zat Aditif pada Makanan. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Respon mahasiswa diambil sebanyak 24 orang mahasiswa Pendidikan IPA Semester 5 kelas F yang berasal dari Universitas Negeri Yogyakarta yang ada di wilayah Sleman Yogyakarta menggunakan angket respon dengan google form. Angket dirancang untuk mengukur persepsi, penerimaan, dan efektivitas penggunaan media video dalam konteks pembelajaran IPA. Angket respon terdiri atas 10 indikator yaitu kualitas audio, kejelasan caption, pengambilan dan fokus, sudut gambar, keterkaitan materi, hubungan narasi dan musik latar, penjelasan materi, kualitas property, keefektifan, dan kejelasan konsep. Hasil respon mahasiswa terhadap penggunaan media video ditemukan rata-rata pada persentase untuk responden yang menilai sangat baik sebanyak 50%, persentase untuk responden yang menilai baik sebanyak 35,42%, persentase untuk responden yang menilai cukup baik sebanyak 14,58%.Kata Kunci: Respon Mahasiswa, Media Video, Zat Aditif.
Copyrights © 2025