Jurnal Ilmiah WUNY
Vol. 7 No. 1 (2025): Jurnal Ilmiah WUNY

Pemanfaatan media pembelajaran audio visual pada program Kampus Mengajar di sekolah dasar

Verrysaputro, Exwan Andriyan (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2025

Abstract

Berdasarkan hasil observasi hasil belajar siswa di SD N 2 Tanjung, ditemukan data bahwa 55% siswa kelas V tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimum belajar. Sehingga dibutuhkan cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya ialah dengan memanfaatkan media pembelajaran audio visual. Pada penelitian ini peneliti ingin menganalisis pemanfaatan media pembelajaran audio visual pada program kampus mengajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa khususnya kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa selama mengikuti kegiatan kampus mengajar. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 2 Tanjung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, verifikasi/menarik kesimpulan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa pada saat mengikuti kegiatan kampus mengajar mengalami peningkatan hasil belajar yang signifikan yakni sebesar 81,89 %. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti merekomendasikan pemanfaatan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

wuny

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Public Health

Description

Jurnal Ilmiah WUNY mempublikasikan berbagai hasil penelitian dan atau hasil pemikiran di bidang pendidikan, teknologi, kesehatan, dan ...