Jurnal Math-UMB.EDU
Vol. 12 No. 2 (2025): MARCH

PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES TIPE PISA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA

Reska Dina Putri (Unknown)
Putri Yuanita (Unknown)
Kartini (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan instrumen tes tipe PISA untuk menfasilitasi kemampuan berpikir kritis matematis siswa fase D pada materi statistika. Instrumen penelitian berupa lembar validasi, angket respon siswa, serta instrumen tes. Analisis data penelitian meliputi analisis validitas, reliabilitas, serta indeks kesukaran dan daya beda. Metode penelitian ini yaitu pengembangan dengan dua tahapan preliminary dan formative evaluation. Tahapan preliminary melalui 3 kegiatan yaitu: analisis kebutuhan, analisis peserta didik dan analisis kurikulum, sehingga hasil kegiatan ini berupa masalah serta memberikan solusi berupa desain produk awal (prototype) soal yang dikembangkan. Selanjutnya tahapan formative evaluation terdiri dari self evaluation yaitu peneliti melakukan evaluasi terhadap soal yang dikembangkan. Selanjutnya, expert review dengan cara memberikan instrumen tes pada 3 ahli yaitu 3 dosen pendidikan matematika untuk dapat memberikan penilaian terhadap soal yang dikembangkan, sejalan dengan ini dilakukan pengujian terhadap 3 orang siswa dengan kemampuan heterogen untuk memperoleh keterbacaan soal disebut tahap one-to-one, selanjutnya tahap small group, produk diujicobakan pada 6 siswa dengan kemampuan heterogen. Siswa diminta mengerjakan, mengamati, dan memberikan saran serta komentar terhadap soal mengukur KBKM siswa fase D pada materi statistika melalui angket respon siswa. Tahapan terakhir yaitu tahap field test, produk diujicobakan kepada 30 orang siswa sehingga diperoleh soal valid, reliabel serta memiliki daya beda dan indeks kesukaran yang baik. Hasil pengembangan yang dilakukan diperoleh 26 soal dari 36 soal yang dikembangkan yang dapat digunakan. Kata Kunci: Pengembangan Tes, Tipe PISA, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

math

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal MATH_UMB.EDU mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dan kajian dalam bidang matematika dan pendidikan matematika baik di SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi. Jurnal MATH-UMB.EDU diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Bengkulu sebanyak tiga kali ...