Jurnal SOLMA
Vol. 14 No. 1 (2025)

Mengembangkan Mentoring Skills Guru Pamong sebagai Upaya Mencetak Pendidik Profesional

Yuniawatika, Yuniawatika (Unknown)
Ali Manggala, Ibrahim Sani (Unknown)
Wati, Ika Febriana (Unknown)
Nofitasari, Natalia (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2025

Abstract

Background: Pengabdian ini bertujuan meningkatkan keterampilan mentoring guru pamong Bidang Studi PGSD PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2024 di Universitas Negeri Malang, mengingat masih adanya kendala dalam praktik mentoring yang efektif. Kegiatan ini, yang akan dilaksanakan pada Agustus 2024, melibatkan guru pamong di sekolah mitra. Metode: Metode pengabdian ini meliputi pelatihan, pendampingan, dan evaluasi untuk mengembangkan keterampilan mentoring yang lebih efektif. Data dikumpulkan melalui tes tulis tentang keterampilan mentoring dan kuesioner mengenai saran serta rencana tindak lanjut. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif, menggunakan statistik deskriptif dan uji Paired Sample t-Test. Hasil: Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai yang signifikan setelah pelatihan dibandingkan dengan sebelum pelatihan, yang mengindikasikan efektivitas kegiatan dalam meningkatkan keterampilan mentoring guru pamong. Selain itu, para peserta mengungkapkan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat dalam mendukung peran mereka sebagai mentor mahasiswa PPL PPG. Kesimpulan: Pelatihan memiliki dampak positif terhadap peningkatan keterampilan guru pamong dalam membimbing mahasiswa PPG.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

solma

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal SOLMA merupakan jurnal di bawah naungan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) dan dipublikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jurnal terdaftar dengan E-ISSN: 2614-1531 & P-ISSN: 2252-584x. Jurnal SOLMA mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dari ...