Jurnal SOLMA
Vol. 14 No. 1 (2025)

Membangun Masa Depan Cerah: Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Literasi Keuangan Anak

Nanda, Hanjar Ikrima (Unknown)
Putri, Sheila Febriani (Unknown)
Yudhistiro, Kukuh (Unknown)
Santi, Fitriana (Unknown)
Tyas, Eva Wahyuning (Unknown)
Mustofa, Muhammad Ifan Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2025

Abstract

Pendahuluan: Di era modern ini, literasi keuangan menjadi keterampilan penting yang perlu dikuasai sejak dini. Pemahaman yang baik tentang cara mengelola uang, menabung, dan berinvestasi dapat membantu anak-anak membangun masa depan yang lebih stabil dan sejahtera. Namun, banyak anak yang masih kurang mendapatkan edukasi keuangan yang efektif. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan siswa sekolah dasar sebagai landasan pendidikan yang bermutu, sehingga dapat membentuk perilaku keuangan yang bijak dan mandiri di masa mendatang. Metode: Analisis masalah, merancang produk, membuat produk, dan implementasi. Hasil: Adanya peningkatan pemahaman anak terhadap pentingnya merencanakan pengeluaran dan mengelola pendapatan, memahami besar untung atau rugi usaha, dan mulai terbentuk mindset tentang pentingnya mendahulukan menabung. Kesimpulan: Kegiatan ini dapat diimplementasikan di sekolah untuk mendukung pendidikan yang bermutu dan pembentukan karakter sejak dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

solma

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal SOLMA merupakan jurnal di bawah naungan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) dan dipublikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jurnal terdaftar dengan E-ISSN: 2614-1531 & P-ISSN: 2252-584x. Jurnal SOLMA mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dari ...