Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui gaya belajar siswa kelas 4 SD Negeri Sidokerto 03 Pati pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan gaya belajar siswa kelas 4 SD Negeri Sidokerto 03 Pati. Dengan memetakan gaya belajar, siswa dapat mengetahui gaya belajarnya sendiri dan juga dapat meningkatkan mutu guru dalam menyampaikan pembelajaran di kelas. Alasan memetakan gaya belajar ini adalah sebagai tambahan referensi bagi mahasiswa-mahasiswa atau pembaca yang ingin mengkaji lebih dalam mengenai perbedaan gaya belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Metode kualitatif deskriptif menyesuaikan pendapat antara peneliti dengan informan. Pemilihan metode ini dilakukan karena segala fenomena yang ada di masyarakat secara jelas. Berdasarkan angket tentang gaya belajar visual yang sudah dikerjakan oleh siswa kelas 4 SD Negeri Sidokerto 03 Pati, didapatkan hasil bahwa 65,41 % jawaban “Ya”. Untuk angket gaya belajar auditori didapatkan hasil bahwa 75% jawaban “Ya”. Sedangkan angket gaya belajar kinestetik yang sudah dikerjakan didapatkan hasil bahwa sebesar 62,91% untuk jawaban “Ya”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa di kelas 4 SD Negeri Sidokerto 03 Pati gaya belajar yang paling banyak digunakan adalah gaya belajar auditori dibandingkan dengan gaya belajar visual maupun gaya belajar kinestetik. Siswa kelas yang memiliki gaya belajar visual ada 5 siswa, yang memiliki gaya belajar auditori ada 16 siswa dan gaya belajar kinestetik ada 3 siswa. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025