Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)
Vol 5, No 1 (2025)

ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA KELAS 4 PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI SIDOKERTO 03 PATI

Septian, Dita (Unknown)
Azizah, Mira (Unknown)
Kiswoyo, Kiswoyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2025

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui gaya belajar siswa kelas 4 SD Negeri Sidokerto 03 Pati pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan gaya belajar siswa kelas 4 SD Negeri Sidokerto 03 Pati. Dengan memetakan gaya belajar, siswa dapat mengetahui gaya belajarnya sendiri dan juga dapat meningkatkan mutu guru dalam menyampaikan pembelajaran di kelas. Alasan memetakan gaya belajar ini adalah sebagai tambahan referensi bagi mahasiswa-mahasiswa atau pembaca yang ingin mengkaji lebih dalam mengenai perbedaan gaya belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Metode kualitatif deskriptif menyesuaikan pendapat antara peneliti dengan informan. Pemilihan metode ini dilakukan karena segala fenomena yang ada di masyarakat secara jelas. Berdasarkan angket tentang gaya belajar visual yang sudah dikerjakan oleh siswa kelas 4 SD Negeri Sidokerto 03 Pati, didapatkan hasil bahwa 65,41 % jawaban “Ya”. Untuk angket gaya belajar auditori didapatkan hasil bahwa 75% jawaban “Ya”. Sedangkan angket gaya belajar kinestetik yang sudah dikerjakan didapatkan hasil bahwa sebesar 62,91% untuk jawaban “Ya”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa di kelas 4 SD Negeri Sidokerto 03 Pati gaya belajar yang paling banyak digunakan adalah gaya belajar auditori dibandingkan dengan gaya belajar visual maupun gaya belajar kinestetik. Siswa kelas yang memiliki gaya belajar visual ada 5 siswa, yang memiliki gaya belajar auditori ada 16 siswa dan gaya belajar kinestetik ada 3 siswa. 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpd

Publisher

Subject

Education Other

Description

Literasi ( Jurnal Pendidikan Dasar) is managed by the Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, PGRI University Semarang. The focus and scope of the journal are the results of research on education and learning at all levels, such as 1. Early Childhood Education 2. Basic ...