MULTIPLE: Journal of Global and Multidisciplinary


Penggunaan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelas 1C SD Negeri 104202 Bandar Setia

Nurwahyuni (Unknown)
Ego Friansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2025

Abstract

Proses pembelajaran membaca di kelas 1C SD Negeri 104202 masih menggunakan media konvensional yang menyebabkan kurangnya kemampuan membaca permulaan. Media pembelajaran dapat membantu siswa dalam proses belajar, mempermudah penyampaian materi, dan merangsang pemikiran kritis, sehingga dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan sampel seluruh siswa-siswi kelas 1C dengan jumlah seluruh siswa sebanyak 29 orang. Tahapan-tahapan penelitian dalam model Kemmis dan Taggart meliputi: perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 C yaitu pada siklus 1 didapat nilai baik sebesar 40,75% dan mengalami penaikan pada siklus 2 menjadi 88,89%.

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

multiple

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

MULTIPLE: Journal of Global and Multidisciplinary is a peer-reviewed journal that aims to provide a platform for scholars, researchers, academics, and practitioners from diverse fields of study to contribute and exchange their knowledge, insights, and research findings. MULTIPLE: Journal of Global ...