Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol. 9 No. 1 (2025): Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan

Strategi Peningkatan Mutu Sekolah Melalui Peningkatan Preatasi Belajar Siswa SMP Negeri 01 Kabupaten Tebo Jambi

Murni (Unknown)
Ainun, Wa (Unknown)
Silalahi, Suandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi peningkatan mutu sekolah melalui upaya peningkatan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 01 Kabupaten Tebo, Jambi. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menggambarkan secara mendalam strategi peningkatan mutu sekolah melalui peningkatan prestasi belajar siswa. trategi yang diterapkan mencakup tiga aspek utama: peningkatan kualitas pembelajaran, penguatan lingkungan sekolah yang kondusif, dan optimalisasi manajemen sumber daya pendidikan. Peningkatan kualitas pembelajaran dilakukan melalui pelatihan guru, penggunaan metode pengajaran inovatif, dan pemanfaatan teknologi dalam proses belajar mengajar. Lingkungan sekolah yang mendukung diciptakan dengan memperkuat pendidikan karakter, memberikan penghargaan bagi siswa berprestasi, dan meningkatkan keterlibatan orang tua. Di sisi manajemen, pemanfaatan anggaran secara efisien diarahkan pada pembaruan fasilitas pendidikan dan pengembangan perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi tersebut berhasil meningkatkan kemampuan literasi siswa, kemapuan siswa dalam menghitung numerasi, partisipasi siswa dalam kegiatan akademik dan non-akademik, serta pencapaian hasil belajar siswa secara signifikan. Kolaborasi antara guru, siswa, dan orang tua menjadi kunci keberhasilan dalam menciptakan sinergi untuk mendukung mutu pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

linear

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Hasil riset bidang ilmu pendidikan dan pembelajaran yang meliputi ilmu pendidikan matematika, pendidikan kewarganegaraan dan pancasila, dan ilmu pendidikan bimbingan dan ...