Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi
Vol. 17 No. 1 (2025): Komuniti : Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, Maret 2025

Pengaruh Kredibilitas Influencer dan Konten Marketing Terhadap Minat Beli

Farida, Nuke (Unknown)
Arifah, Paujiatul (Unknown)
Adristi, Bebby Celia (Unknown)
Ardhiani, Ocvita (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Instagram telah menjadi media penting untuk komunikasi pemasaran digital saat ini. Berkolaborasi dengan influencer atau selebriti Instagram meningkatkan daya tarik merek, mendorong konsumen untuk membeli produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kredibilitas influencer dan pemasaran konten terhadap niat pembelian produk, berfokus pada akun Instagram @dr.yessicatania. Dipandu oleh teori transfer makna dan diolah menggunakan pendekatan kuantitatif melalui kuesioner yang disebarkan kepada 400 responden. Pengambilan sampel secara purposif digunakan untuk menargetkan pengikut @dr.yessicatania, berusia 18 hingga 34 tahun. Analisis data meliputi uji validitas dan reliabilitas, normalitas, heteroskedastisitas, multikolinearitas, regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji-T, dan uji-F. Hasil studi mengungkapkan pengaruh positif dan signifikan dari kredibilitas influencer media sosial dan pemasaran konten, baik secara parsial maupun simultan, terhadap niat pembelian. Temuan ini konsisten dengan teori transfer makna, yang menggambarkan bagaimana Dr. Yessicatania, sebagai influencer kecantikan, berhasil mentransfer makna pribadinya untuk memengaruhi pengikutnya, sehingga meningkatkan nilai produk dan niat pembelian.   Instagram has become a crucial medium for marketing communication in the contemporary digital landscape. Collaborating with Instagram influencers or celebrities enhances a brand's appeal, encouraging consumers to purchase products. This study aims to examine the influence of influencer credibility and content marketing on product purchase intention, with a focus on the Instagram account @dr.yessicatania. Guided by the meaning transfer theory, the research employed a quantitative approach, utilizing a questionnaire distributed to 400 respondents. Purposive sampling was used to target followers of @dr.yessicatania, aged 18 to 34. Data analysis encompassed validity and reliability tests, normality, heteroscedasticity, multicollinearity, multiple linear regression, coefficient of determination, T-tests, and F-tests. The results reveal a positive and significant effect of social media influencer credibility and content marketing, both partially and simultaneously, on purchase intention. These findings are consistent with the meaning transfer theory, illustrating how Dr. Yessicatania, as a beauty influencer, successfully transfers her personal meaning to influence her followers, thereby increasing product value and purchase intention.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

komuniti

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Penelitian komunikasi selalu menawarkan hasil dan temuan yang menarik, up to date dan memberikan kontribusi di berbagai bidang ilmu sosial. Komuniti : Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi yang dikelola oleh Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Surakarta selalu memberikan ...