Hasil pegembangan penelitian ini untuk mengevaluasi dampak model pembelajaran sirkuit permainan terhadap kebugaran jasmani dan motivasi belajar siswa dalam konteks pembelajaran PJOK. Penelitian ini merupakan penelitian pegembangan, mengadopsi pada pendekatan pengembangan ADDIE, yang melibatkan tahapan antara lain analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil Penelitian untuk pengembangkan permainan sirkuit training untuk meningkatkan kebugaran dan motivasi siswa. Pada penelitian pengembangan ini terdapat 33 siswa kelas 8 di SMP Negeri 2 Sedati. Selama penelitian ada 12 kali pertemuan. Pengambilan data kebugaran jasmani pada penelitian ini mengunakan Tes Kebugaran Jasmani PJOK dengan (TKJI) sedangkan untuk megetahui motivasi siswa mengunakan angket motivasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Pembelajaran berbasis permain sirkuit training mendapatkan hasil sebagai berikut, terdapat 4 siswa mendapat klasifikasi sangat baik dengan jumlah nilai 22-25, selanjutya 17 siswa mendapat klasifikasi baik dengan jumlah nilai 18-21, serta 12 siswa mendapat klasifikasi sedang dengan jumlah nilai 14-17, untuk klasifikasi kurang dan sangat kurang tidak ada. Sedangkan motivasi belajar mendapatkan nilai sebesar 86,55% . Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motovasi belajar dan model pembelajaran permainan sirkuit dalam pembelajaran PJOK meningkat.
Copyrights © 2025