Keluarga khususnya orang tua memiliki peran penting dalam membimbing dan mengarahkan anak dalam kehidupan sehari-harinya. Hal ini dikarenakan anak-anak khususnya pada usia 6-12 tahun masih rentan melakukan kesalahan terutama dalam berperilaku sosial. Dalam behaviorisme Skinner, anak belajar berperilaku melalui penyesuaian dari lingkungannya dan peniruan dari orang dewasa. Tetapi realitanya beberapa orang tua belum menyadari bahwa perhatian yang diberikan masih kurang sehingga berdampak pada perilaku sosial anak menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap perilaku sosial siswa kelas IV SDN Se-Gugus V Masbagik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bersifat korelasional. Sampel penelitian ini terdiri dari 250 responden yang masing-masing terdiri dari 125 siswa dan 125 orang tua dengan teknik pengambilan data sampel probability sampling tipe simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa angket. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas serta pada pengujian hipotesis menggunakan uji sampel T. Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung > ttabel yakni 3,103 > 1,651 dan nilai signifikansi 0,002 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam perhatian orang tua terhadap perilaku sosial siswa kelas IV SDN Se-Gugus V Masbagik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025