Journal of Classroom Action Research
Vol. 7 No. SpecialIssue (2025): Maret 2025

Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Video Animasi Terhadap Kemampuan Computational Thinking Siswa

Sesareny, Nadiya (Unknown)
Setiadi, Dadi (Unknown)
Lestari, Tri Ayu (Unknown)
Handayani, Baiq Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2025

Abstract

Computational thinking menjadi keterampilan penting yang harus dimiliki siswa di era digital untuk menghadapi abad ke-21. Model dan media pembelajaran yang tepat harus dipilih oleh guru agar dapat meningkatkan kemampuan computational thinking siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan video animasi terhadap kemampuan computational thinking siswa di SMPN 7 Mataram. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu atau quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu pengambilan sampel menggunakan pertimbangan kemampuan akademik siswa sehingga didapatkan kelas VIIIA dan VIIIC sebagai kelas eksperimen serta VIIIB dan VIIIE sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data kemampuan computational thinking menggunakan tes tertulis dalam bentuk uraian. Uji prasyarat dianalisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Data dianalisis menggunakan uji statistik non-parametrik yaitu uji Mann-Whitney. Hasil penelitian diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00 atau < 0,05, sehingga menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada model problem based learning berbantuan video animasi terhadap kemampuan computational thinking siswa kelas VIII di SMPN 7 Mataram. Hal ini karena tahapan-tahapan model problem based learning berbantuan video animasi dapat mendukung indikator computational thinking dan membantu siswa lebih aktif dalam pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...