Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa kelas XI pada konten space and shape ditinjau dari tipe kepribadian Myers-briggs. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskripif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI salah satu sekolah negeri di Lombok Barat yang berjumlah 12 siswa, terdiri dari masing-masing 3 siswa dengan tipe kepribadian artisan, guardian, idealist dan rational yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Analisis dilakukan berdasarkan tiga indikator literasi matematika, yaitu (1) formulate, (2) employ, dan (3) interprete/evaluate. Adapun teknik analisis yang digunakan berupa model analisis interaktif yang terdiri dari data reduction, data display, dan conclusion verification dengan uji keabsahan data berupa metode tringulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa a) kemampuan literasi matematika siswa dengan tipe kepribadian artisan sebagian besar berada di level 4, b) kemampuan literasi matematika siswa dengan tipe kepribadian guardian sebagian besar berada di bawah level 3 namun ada subjek yang dapat mengerjakan soal dengan level 4, c) kemampuan literasi matematika siswa dengan tipe kepirbadian idealist mampu mencapai level 5, d) kemampuan literasi matematika siswa dengan tipe kepribadian rational sebagian besar berada di level 4 walau ada subjek yang mampu mengerjakan soal dengan level 5.
Copyrights © 2025