Masalah utama dalam pembelajaran, salah satunya adalah kurangnya keterlibatan siswa akibat metode yang monoton dan kurang interaktif. Pembelajaran yang efektif memerlukan metode yang inovatif dan berbasis teknologi untuk meningkatkan pemahaman serta hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi di kelas XI SMAN 9 Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design, di mana terdapat dua kelompok penelitian, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Macromedia Flash dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan (0,004<0,05) menggunakan uji ANACOVA antara rata-rata hasil belajar (94,129>48,258) di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai posttest siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, yang mengindikasikan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Macromedia Flash memberikan dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah yang didukung oleh media interaktif Macromedia Flash secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa SMA.
Copyrights © 2025