Kebakaran hutan di Indonesia, khususnya di Wonosobo, menjadi masalah seriusdengan dampak ekonomi, lingkungan, dan sosial. Salah satu penyebab kebakaran hutanini adalah karena perbuatan manusia itu sendiri seperti pembukaan lahan dengan caramembakar, membuang puntung rokok sembarangan dan kegiatan menimbulkan apilainnya yang dilakukan baik oleh masyarakat sekitar ataupun para pendaki. Tujuan daripenelitian ini untuk meningkatkan sikap dan kesadaran masyarakat terutama parapengunjung kawasan wisata di Wonosobo terhadap langkah pencegahan danpenanganan kebakaran hutan menggunakan media game edukatif. Dalam penelitian inidigunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan datameliputi studi literatur dengan beberapa buku dan jurnal, observasi ke wilayahWonosobo, dan wawancara dengan beberapa narasumber ahli dan masyarakat setempat.Lalu dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dan analisismatriks. Hasil perancangan berupa asset visual yang berfokus pada environment danbackground untuk sebuah video game edukatif dengan perspektif Top-Down danmenggunakan penggayaan pixel art. Selain untuk game, hasil asset visual akan ditampilkan kedalam artbook. Kata kunci: asset visual, environment, game edukatif, kebakaran hutan, pixel art,Wonosobo.
Copyrights © 2025