Agrowisata N8 Gunung Mas, terletak di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogoradalah salah satu destinasi agrowisata yang populer di Indonesia selama puluhan tahun.Agrowisata Gunung Mas menawarkan keunggulan alam yang asri dan alami. Lebih darisekadar perkebunan teh, Agrowisata Gunung Mas menawarkan beragam fasilitas menarik.Namun, saat ini tempat wisata tesebut masih dianggap sebagai unit bisnis BUMN yangkuno bila dibandingkan dengan pesaingnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwaAgrowisata N8 Gunung Mas menghadapi beberapa masalah. Salah satu masalah utamaadalah kurang efektifnya prasarana penyampaian informasi dan navigasi yang membuatbanyak pengunjung kebingungan dan kesulitan menemukan arah. Media informasi dannavigasi di Agrowisata N8 Gunung Mas pun masih kurang tertata dan terbatas. Akibatnya,pengunjung kesulitan dalam beraktifitas dan tidak efisien. Signage dan wayfinding dibeberapa titik juga memprihatinkan karena menggunakan bahan seadanya dan tidakmencerminkan identitas serta citra Agrowisata N8 Gunung Mas. Berdasarkan fenomenayang terjadi, dapat disimpulkan bahwa Agrowisata N8 Gunung Mas membutuhkanperancangan ulang Environmental Graphic Design berupa signage dan wayfinding. Melaluiperancangan ini diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan dan pengalamanpengunjung juga dapat memperkuat identitas dan citra Agrowisata N8 Gunung Mas. Kata kunci: agrowisata gunung mas, identitas merek, environmental graphic design,signage, dan wayfinding
Copyrights © 2025