eProceedings of Art & Design
Vol. 12 No. 1 (2025): Februari 2025

PERANCANGAN KARAKTER GAME UNTUK MENYAMPAIKAN NILAI SOSIAL DARI TRADISI NGARUMAT PUSAKA

Vivia, Malika Asvi (Unknown)
Rahadianto, Irfan Dwi (Unknown)
Adharamadinka, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2025

Abstract

Tradisi Ngarumat Pusaka merupakan tradisi memandikan benda-benda pusakapeninggalan para leluhur. Perancang mendesain karakter dalam merancang trailer gamemengenai tradisi Ngarumat Pusaka. Perancangan ini bertujuan menyampaikan nilai sosialmelaui karya berupa trailer game kepada anak-anak di Desa Lebakwangi. Perancangmenerapkan metode campuran melalui observasi, wawancara, dan survei terhadap anakanakSDN 1 di Desa Lebakwangi. Disertai dengan jurnal, karya sejenis, dan studi pustaka.Hasil dari perancangan ini menunjukkan bahwa perancangan desain karakter untuk trailergame Ngarumat Pusaka melalui plavorm Tiktok ini dapat menjadi media untukmenyampaikan nilai-nilai sosial dengan menunjukkan interaksi antar karakter mengenaitradisi ngarumat pusaka kepada anak-anak di Desa Lebakwangi. Kata kunci: trailer game, desain karakter, Ngarumat Pusaka, anak-anak

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

artdesign

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian Art & Design. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...