Central Publisher
Vol 2 No 1 (2024): Jurnal Central

PENGARUH PEMBELAJARAN PAI TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI ERA DIGITAL

Malik Ibrahim (Unknown)
Siti Nur Kholifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2025

Abstract

Latar Belakang : Era digital telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Teknologi menawarkan peluang dan tantangan dalam proses pembelajaran yang memengaruhi pemahaman serta perilaku keagamaan siswa. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran PAI terhadap perilaku keagamaan siswa di era digital Metode : Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi literatur. Hasil dan Pembahasan : Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran PAI dapat meningkatkan pemahaman agama siswa melalui akses ke berbagai sumber belajar digital. Namun, tantangan juga muncul, seperti kurangnya literasi digital dan pengaruh media sosial terhadap persepsi keagamaan siswa. Oleh karena itu, strategi pembelajaran inovatif yang mengombinasikan teknologi dengan pendekatan pedagogis yang efektif diperlukan agar siswa tidak hanya memahami ajaran Islam tetapi juga mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Kesimpulan : Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan model pembelajaran PAI yang adaptif terhadap perkembangan teknologi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publish

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Automotive Engineering Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Education Engineering Social Sciences Other

Description

Central Publisher, merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Cv. Central Bisnis Manajemen, merupakan sebuah jurnal ilmiah yang menyediakan akses terbuka kepada pembaca. Jurnal ini terbit secara bulanan, mencakup berbagai disiplin ilmu, mempromosikan dialog interdisipliner dan memperkaya pengetahuan ...