Indonesian Journal of Economics and Strategic Management
Vol. 3 No. 1 (2025): March

Pengaruh Budaya Betawi, Inovasi, Word of Mouth dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Traditional Food Betawi

Nathania yunus, Angeline (Unknown)
Muhammad Richo Rianto (Unknown)
Bintang Narpati (Unknown)
Adler Haymans Manurung (Unknown)
Jhonni Sinaga (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Budaya Betawi, Inovasi, Word of Mouth, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Traditional Food di Kota Bekasi Utara. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Sampel berjumlah 140 responden yang merupakan konsumen pembeli makanan tradisional Betawi. Analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan software SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Budaya Betawi berpengaruh signifikan, Inovasi tidak berpengaruh signifikan, Word of Mouth dan Lokasi berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Implikasinya, produsen traditional food perlu berinovasi dengan tetap mempertahankan ciri khas budaya Betawi, serta meningkatkan kualitas word of mouth dan membuka outlet di lokasi strategis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ijesm

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Srategic Marketing; Strategic Human Resources; Strategic Finances; Strategic Operations; Banking; Corporate Finance; Business; Management; Accounting; Auditing; Taxation; Investments; Capital ...