Fenomena kegunaan artificial intelligence mulai lumrah digunakan dalam berbagai bidang. Hal tersebut menjadi suatu keberhasilan besar dalam teknologi untuk mengembangkan kecerdasan buatan yang berorientasi pada pola pikir manusia. Dalam bidang desain, kecerdasan buatan memberikan variasi dalam bentuk software yang dihadirkan. Kecepatan dan kemudahan menjadi alasan utama dalam penggunaannya. Tentu fenomena tesebut tetap harus diterima dengan bijak, akan selalu ada sisi positif dan negatif dari setiap perkembangan yang ada. Dalam bidang desain tentu kreativitas dan orisinalitas menjadi taruhannya jika tidak bijak dalam menyikapi kemajuan tersebut. Pengabdian kepada Masyarakat ini diberikan kepada generasi penerus di SMK GPM kota Bekasi, dengan total 46 peserta. Metode pelatiahan terdiri dari tahap pre-test, penyuluhan, demonstrasi, dan evaluasi. Berdasarkan temuan, kebiasaan menggunakan tamplate desain memang sudah sering dan biasa digunakan peserta. Hal tersebut membatas kreativitas dalam mengolah visual menjadi representasi visual yang tepat berdasarkan ide yang dirancang serta wawasan yang dimiliki terkait informasi yang akan divisualisasikan. Dengan pelatihan terkait proses mendesain dengan mengadakan brainstorm dalam menghasilkan asosiasi visual dari ide yang dibuat, mereka dapat dengan mudah mengatur visual apa yang akan digunakan tanpa harus bergantung pada tamplate yang membatasi kreativitas berkarya.
Copyrights © 2025