Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media inovasi yang dapat mendukung dalam pelaksanaan pembelajaran maharah qiro'ah terutama pada kegiatan evaluasi pada hasil belajar siswa. Evaluasi pada proses pembelajaran merupakan salah satu aspek penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, terutama pada maharatul qiro'ah yang memerlukan pemahaman secara menyeluruh. P adahal pada perkembangan zaman sekarang yang semakin maju banyak mengenalkan teknologi-teknologi digital yang sangat membantu proses pembelajaran lebih efektif dan efisien serta menarik. Salah satunya media socrative (exit ticket) merupakan media evaluasi yang memberikan gambaran yang lebih jelas terkait pemahaman siswa secara real-time dan memungkinkan penyesuaian terhadap materi dengan kebutuhan siswa. Tujuan penelitian ini untuk menyalakan efektivitas penggunaan media socrative (exit ticket) sebagai alat pendukung untuk menilai pemahaman siswa dalam pembelajaran maharah qiro'ah yang lebih efektif, efisien dan memotivasi siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode campuran dengan tipe desain sekuensial eksploratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, angket dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji mann whitney dan uji n-gain score. Berdasarkan hasil uji statistik nilai asymp.sig (2-tailed) diperoleh sebesar 0,000<0,05 maka dapat disimpulkan adanya efektivitas pada evaluasi hasil belajar siswa pada pembelajaran maharah qiro'ah menggunakan media socrative (exit ticket).
Copyrights © 2025