ABSTRAK Pendidikan yang berkualitas merupakan cita-cita yang ingin dimiliki oleh setiap Lembaga Pendidikan. Oleh sebab itu pentingnya pengelolaan mutu Pendidikan yang dilakukan melalui manajemen kurikulum. Usaha yang dilakukan Madrasah Aliyah Negeri 1 Nganjuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui penerapan kurikulum merdeka belajar dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses manajemen kurikulum merdeka di Madrasah Aliyah Negeri 1 Nganjuk dalam Meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah negeri 1 Nganjuk dengan tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis daya yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan pada bagian akhir. Dan menggunakan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Perencanaan Kurikulum merdeka belajar yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Nganjuk dengan Pengambilan Kebijakan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka, Analisis pembagian beban kerja Guru dan Tenaga Kependidikan, Koordinasi Perencanaan Kurikulum Merdeka Madrasah Aliyah Negeri 1 Nganjuk dengan Yayasan Pondok Pesantren Miftahul U’la dan Penyusunan Kurikulum operasional Madrasah; (2) bentuk implementasi kurikulum merdeka di Madrasah Aliyah Negeri 1 Nganjuk melalui pembelajaran intrakurikuler Pembelajaran ekstrakurikuler dan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil Al-Amin; (3) Evaluasi kurikulum yang diterapkan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Nganjuk adalah evaluasi input, evaluasi proses dan evaluasi output penerapan kurikulum merdeka. Kata Kunci: Manajemen Kurikulum, Merdeka Belajar, Mutu Pendidikan
Copyrights © 2024