Journal of Islamic Education Studies
Vol. 3 No. 2 (2025)

Strategi Pembelajaran Integratif di Pesantren Dengan Menggabungkan Tradisi dan Modernitas

Yoseph Salmon Yusuf (Unknown)
Nur Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2025

Abstract

Pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam memiliki peran strategis dalam membentuk karakter dan keilmuan santri. Namun, tantangan era modern menuntut adanya inovasi dalam strategi pembelajaran agar pesantren tetap relevan tanpa meninggalkan tradisi keilmuannya. Artikel ini membahas strategi pembelajaran integratif yang menggabungkan metode tradisional, seperti sorogan dan bandongan, dengan pendekatan modern berbasis teknologi dan kurikulum adaptif. Penggunaan media digital, e-learning, serta metode pembelajaran berbasis proyek (PjBL) menjadi pelengkap dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di pesantren. Melalui pendekatan ini, santri tidak hanya memahami ilmu agama secara mendalam tetapi juga memiliki keterampilan abad ke-21, seperti literasi digital, berpikir kritis, dan kolaborasi. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dimana data diambil dari hasil observasi,wawancara dan sumber data lainnya. Penelitian ini menunjukkan bahwa pengintegrasian tradisi dan modernitas dalam pembelajaran pesantren mampu meningkatkan kualitas pendidikan serta memperkuat peran pesantren dalam membangun generasi santri yang siap menghadapi tantangan zaman tanpa kehilangan identitas keislamannya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIES

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Specifically discusses the issue of Islamic education. The journals scope includes research. Islamic education thinking, and fieldwork on Islamic education. The approach is interdisciplinary, encompassing, and combining perspectives from Islamic education philosophy. comparative studies of Islamic ...