Media sosial dapat berfungsi sebagai media komunikasi dan informasi, media promosi, serta media branding bagi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan manajemen media sosial dalam meningkatkan citra sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan teknik reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media sosial, terutama Instagram, dalam strategi branding di institusi pendidikan di Indonesia terbukti efektif dalam meningkatkan citra dan reputasi sekolah. Media sosial memungkinkan sekolah untuk menjangkau audiens yang lebih luas, khususnya kalangan muda, dan memperkuat hubungan dengan masyarakat. Meskipun terdapat tantangan terkait keterbatasan sumber daya manusia dan teknis, banyak sekolah yang berhasil mengatasi hal ini dengan menerapkan jadwal unggahan yang terstruktur dan menetapkan penanggung jawab untuk setiap platform. Selain itu, manajemen website sekolah yang terkelola dengan baik juga berperan dalam memperkuat citra positif sekolah di mata masyarakat. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi branding melalui media sosial berhasil menarik minat calon siswa baru dan orang tua.
Copyrights © 2025